Selasa, 07 Desember 2010

case study Nissan Motor Co.

Nissan.com

Nissan Motor merupakan salah satu perusahaan Jepang yang menjual mobil-mobilnya ke Amerika Serikat, dimana dahulu sudah dikenal sebelum tahun 1980an dengan mereknya Datsun. Namun setelah di akhir tahun 1980an perusahaan tersebut mengubah nama perusahaannya menjadi Nissan karena peningkatan penjualannya di Amerika Serikat. Namun ternyata tidak hanya perubahan nama perusahaan yang penting untuk meningkatkan penjualan Nissan, perusahaan tidak menyadari pentingnya Web sebagai marketing tool yang baik yang berguna untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Perusahaan tidak mendaftarkan nama Nissan.com segera disaat domain tersebut tersedia.

Perusahaan terlambat dari perusahaan lain untuk mendaftarkan domain Nissan.com tersebut. Nissan.com sudah terlebih dahulu didaftarkan oleh Nissan Computer Corp ( dahulu bernama Uzi Nissan ), sebuah perusahaan yang terletak di North Carolina yang menjual hardware computer dan menyediakan perbaikan-perbaikan hardware dan servisnya. Nissan computer beranggapan bahwa mereka hanya memakai nama keluarga mereka yang dimana nama tersebut umum di middle east, serta beranggapan bahwa akan tidak ada kebingungan dari pihak konsumen untuk membedakan computer dengan mobil.

Namun, walaupun dari pihak Nissan Computer sudah memberi pernyataan untuk tidak ingin menjual nama Nissan.com tersebut ke pihak Nissan motor dengan harga berapapun, ditambah alasan-alasan yang logis untuk memakai Nissan.com oleh Nissan computer, ternyata masalah tetap terjadi antar kedua perusahaan Nissan tersebut. Tuntut-menuntut antar perusahaan tersebut untuk mendapatkan hak memakai domain nama Nissan.com terus diperjuangkan antar kedua perusahaan tersebut. Dari pihak Nissan Motor beranggapan bahwa hal ini akan membuat bingung pikiran konsumen karena nama merek Nissan Motor Co. sudah sangat dikenal sebagai Auto Company International ternama. Tidak disangka, ternyata nama web yang sangat simple tersebut bisa membuat kedua perusahaan Nissan untuk memperjuangkan hak milik penggunaannya..

   1. Alasan mengapa Perusahaan Nissan Motor Co. sangat memperhatikan tentang penggunaan dari nama domain Nissan.com ini adalah, karena seperti yang telah kita ketahui perusahaan Nissan Motor Co. ini adalah perusahaan yang menjual mobilnya sekarang dengan merek Nissan. Otomatis konsumen yang menggunakan produk mobil perusahaan tersebut lebih mengenal nama dari produk itu langsung bukan dari nama perusahaannya. Inti dari alasan perusahaan sangat ingin menggunakan nama domain Nissan.com ini adalah karena perusahaan menginginkan adanya kemudahan dari para konsumen atau calon konsumen mereka untuk mengakses web site mereka dengan key word nama produk yang mereka gunakan tersebut. Penjualan produk dari perusahaan juga bisa ditingkatkan dengan media marketing dari web nya itu sendiri, jadi apabila web site perusahaan sesuai dengan nama produk yang ingin mereka jual maka bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan mobil mereka ( seperti yang telah competitor mereka lakukan, contoh General Motor dengan gm.com , Volkswagen dengan vw.com , dan lain-lain ). Sudah sangat dikenalnya Nissan Motor Co. sebagai merek Auto Company International ternama itu juga salah satu alasan lain, dengan mereka tidak ingin adanya kebingungan dari pihak konsumen bahwa Nissan itu merek mobil bukan computer.       

Pada rangkaian kasus Nissan.com ini juga, pihak Nissan Motor Co. Motor melakukan claim kerugian sebesar 10 juta dolar terhadap Nissan Computer karena pemakaian domain Nissan.com. Menurut penulis, hal itu sah-sah saja dilakukan oleh Nissan Motor Co. Karena walaupun sebenarnya nama domain Nissan.com sudah lebih dahulu didaftarkan oleh Nissan computer, namun memang sebenarnya untuk nama Nissan lebih dikenal sebagai merek mobil. Pihak Nissan Motor Co. bisa saja beranggapan pemakain nama doman Nissan.com sebagai merek computer membuat masyarakat bingung dengan merek Nissan dimana nama ini dikenal sebagai merek mobil. Kebingungan ini bisa berdampak pada penurunan penjualan produk mereka secara langsung atau tidak langsung. Seperti yang telah disinggung diatas, penggunaan web sudah dianggap sebagai alat marketing yang bisa diandalkan untuk menaikkan penjualan. Kehilangan sales Nissan Motor Co. mungkin cukup signifikan yang diakibatkan karena kebingungan dari nama web nya. Atas dasar dari kehilangan angka sales yang cukup besar dari Nissan Motor Co. maka perusahaan tersebut beranggapan bahwa dengan menuntut 10 juta dollar adalah sesuatu yang wajar dilakukan.


   2. Etika yang sebenarnya bisa dilakukan Nissan Computer dalam posisi ini adalah, sebenarnya pihak ini tidak melakukan kesalahan dalam mendaftarkan nama domain Nissan.com ini. Nama Nissan benar-benar tercantum dalam nama perusahaan ini, ditambah nama Nissan ini juga merupakan nama keluarga mereka yang kebetulan juga nama yang umum di middle east. Perusahaan ini juga terlebih dahulu menyadari pentingnya penggunaan web sebagai media marketing yang bagus untuk meningkatkan penjualan mereka. Pada saat mereka ingin mendaftarkan nama domain keinginan mereka juga sebenarnya nama tersebut juga tersedia, maka berdasarkan itu mereka secara etika tidak melakukan kesalahan dalam mendaftarkan nama domain Nissan.com itu. Yang salah dari pemakaian nama Nissan.com oleh Nissan Computer ( Uzi Nissan ) adalah karena ternyata nama Nissan lebih dikenal dunia sebagai merek mobil, brand image dunia terhadap Nissan adalah mobil bukan computer. Ditambah Nissan Motor Co. sebagai perusahaan automotive tingkat International mempunyai power lebih untuk memakai nama domain Nissan.com dibandingkan Nissan computer. Kekuatan image Nissan di mobil, brand image Nissan Motor Co., kekuatan sumber daya Nissan Motor Co. yang lebih besar daripada Uzi Nissan membuat Uzi Nissan harus merelakan nama domain Nissan.com kepada Nissan Motor Co.


   3. Dari Pihak Nissan Motor Co. secara etikanya mereka salah untuk menuntut Uzi Nissan untuk tidak menggunakan nama domain Nissan.com. Karena sebagai perusahaan Automotive International ternama, seharusnya Nissan Motor Co. sudah menyadari pentingnya penggunaan web sebagai media marketing unggulan untuk menjual produk mobilnya. Ditambah sebenarnya penggantian nama perusahaan dari datsun ke Nissan sudah dilakukan perusahaan semenjak akhir tahun 1980an. Seharusnya juga diikuti dengan secara cepat mendaftarkan nama Nissan.com sebagai nama domain web mereka sesuai dengan nama produk yang djual. Ditambah sebenarnya penggunaan web sebagai media marketing unggulan sudah dilakukan para competitor mereka, seperti General Motor dengan gm.com , Volkswagen dengan vw.com , dan lain-lain. Sebagai perusahaan besar, harusnya etikanya mereka harus menaruh perhatian penuh terhadap hal ini. Namun upaya dari perusahaan Nissan Motor Co. yang tetap memperjuangkan nama domain Nissan.com ini untuk kemudahan akses bagi para konsumennya, agar tidak ada kebingungan antara nama Nissan itu merupakan produk mobil bukan produk computer juga merupakan hal yang sudah semestinya dilakukan untuk kepuasan konsumen juga pada akhirnya.


   4. Pada akhirnya pihak ketiga memenangkan Nissan Motor Co. untuk memakai nama domain Nissan.com. Menurut saya itu merupakan hal yang tidak adil, karena pada dasarnya kesalahan ada di pihak Nissan Motor Co. yang tidak tanggap dengan pendaftaran nama domainnya sendiri sesuai dengan nama produknya. Regulasi dalam hak penggunaan nama domain di internet itu sendiri pada masa itu juga masih belum jelas tampaknya, jadi keputusan untuk memenangkan Nissan Motor Co. merupakan suatu hal yang tidak beralasan secara regulasi. Keputusan pihak ketiga memenangkan Nissan Motor Co. untuk menggunakan nama domain Nissan.com semata-mata hanyalah karena kekuatan sumber daya Nissan Motor Co. yang lebih besar dari Uzi Nissan, ditambah karena anggapan bahwa nama Nissan hanya lebih dikenal dengan merek Mobil. Alasan bahwa mereka mengalami kerugian karena kebingungan nama Nissan sebagai merek computer oleh Nissan mobil juga pada akhirnya akan berdampak juga ke Uzi Nissan. Sebagai perusahaan yang telah lama menggunakan web sebagai media marketingnya, seharusnya Uzi Nissan sudah mempunyai pasar sendiri untuk penjualan produknya. Apakah dengan mengganti nama domain setelah sekian lama nama domain digunakan tidak menimbulkan cost tambahan bagi Uzi Nissan? Kehilangan sales produk yang dulu digunakan Nissan Motor Co. akhirnya juga akan dialami Uzi Nissan, karena konsumen pasar yang sudah terlebih dahulu mengenal Nissan.com sebagai Uzi Nissan mengalami kebingungan karena sudah diubah Nissan.com sebagai Nissan Motor Co…

Pada Intinya adalah, suatu nama site dengan domain yang sesuai dengan nama produk/perusahaan yang digunakan sekarang menjadi suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Keunikan dan kekhasan suatu nama domain pada akhirnya akan menjadi suatu identitas web site yang dapat menjaga reputasi suatu perusahaan.

Kind Regards,

Christofer Bobby

Research Assistant | Research & Development Division | BINUS BUSINESS SCHOOL

The Joseph Wibowo Center building, Jl. Hang Lekir I No. 6 Senayan, Jakarta 10270

website : http://research.wherebusinessisreal.com/ | email: cbobby@binus.edu | telp: 021-7202222 ext. 3309 fax: 021-72

Tidak ada komentar:

Posting Komentar